Belajar Bersama Alam

Alam menjadi tempat belajar anak anak, melalui belajar Bersama Alam dan Kehidupan menjadi kekuatan kurikulum sekolah untuk lebih mendekatkan anak pada pemahaman Allah tuhan semesta ;Allah sebagai pencipta alam semesta,Allah sebagai pemelihara dan Allah sebagai pemberi rizqi.

Maka sejak awal berdiri sekolah kami, alam disekitar sekolah (manusia, hewan, tanaman, tanah, air, angin, matahari, iklim/cuaca) menjadi perpustakaan besar yang tak pernah habis untuk dipelajari.

 

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِى الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِن السَّمَاۤءِ مِنْ مَّاۤءٍ فَاَحْيَا بِهِ الْاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍ ۖ وَّتَصْرِيْفِ الرِّيٰحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Albaqoroh:164

Rasa Syukur

Anak anak setiap hari bersentuhan langsung dengan alam, kebun menjadi salah satu sarana untuk mengenal lebih dekat bagaimana alam semesta tunduk pada aturan Allah, anak-anak belajar memahami beberapa tanda-tanda kebesaran Allah di Alam, yang akan menumbuhkan rasa kesyukuran setiap saat, dan melalui indranya (fisik), fikir dan naluri fitrahnya anak-anak merasakan kehadiran Allah SWT.

Bergerak, Eksplorasi, Belajar dan Bermain

Ruang kelas, lingkungan sekolah didesain sedemikian rupa mencirikan karakter dinamis anak-anak yang suka bergerak, explorasi, belajar, dan bermain.

Bergerak, berlari, mengamati, bermain, berdiskusi, presentasi, percobaan, menjadi ciri khas anak-anak kami ketika kita mengunjungi sekolah. Dunia anak yang merdeka menjadi ciri khas yang sangat terlihat sehat, mandiri , bahagia dengan segudang kreatifitas dan kekritisannya menjadi ciri yang tumbuh pada anak-anak kami.

Ekosistem

Jarak antar kelas dibuat cukup luas, kelas tidak selalu berderet deret, desain kelas yang terbuka dan banyak ruang hijau disediakan sekolah, halaman, koridor, kebun, kolam dan kelas menyatu dengan alam semua sudut sekolah selalu ada tetumbuhan, selain asri hal tersebut untuk memantik rasa ingin tahu yang besar terhadap ekosistim yang ada, maka tidak saja akan muncul kepekaan tapi juga mengasah kemampuan berfikirnya melalui alam yang pada akhirnya akan menemui kesyukuran dan mengenal Allah SWT, Tuhannya sejak dini.