Kurikulum Sekolah Alam Ar Ridho

Core Value

Pada semua tingkatan pendidikan yaitu PG-TK/SD/SMP/SMM kurikulum dibagi menjadi 4 pilar pembelajaran yang tertuang dalam bagan di bawah ini:

PILAR AKHLAQ

  • Ketaatan kepada Allah menjadi landasan berbicara,bersikap dan bertindak,yang mecerminkan kesesuaian antara amaliah lahir dan bathin
  • Ibadah pengikat ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala
  • Menghormati keberagaman budaya individu maupun masyarakat dengan tidak meninggalkan syariat islam

PILAR LEADERSHIP

  • Mengasah tanggung jawab dan aktif bekerja sama berjuang untuk terbentuknya khoiro Ummah/Umat terbaik

PILAR LOGIKA ILMIAH

  • Berfikir mendalam,kritis,kreatif menggali potensi semesta,bijak memanfaatkannya,serta mampu bertindak sebagai problem solver yang akan menghantarkannya kepada makrifatullah

PILAR BISNIS

  • Menumbuhkan jiwa kemandirian dan kecerdasan dalam hal keuangan, serta melatih kreativitas dan keberanian menghadapi resiko dengan bekerja keras mengelola usaha atau aktivitas yang sesuai dengan syakillah atau potensi terbaiknya.

Metode Belajar

Dengan Metode Belajar yang meliputi:

  1. KETELADANAN
  2. PEMBIASAAN
  3. BBA & BBK

a. BBA (Belajar Bersama Alam)

Alam adalah sekolah kehidupan sejati, mengajari tanpa menggurui. Alam adalah sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan. Sekolah alam memiliki metode pembelajaran yang disebut Belajar Bersama Alam dan Belajar Bersama Kehidupan yang merupakan metode pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan serta menggunakan media alam dengan cara terlibat langsung dengan objek pembelajaran tersebut. Hal tersebut  bertujuan untuk memaksimalkan fungsi kehambaan dan kekholifahan dengan membimbing  siswa menjadi sosok yang kristis, kreatif, inovatif dan, reflektif yang berujung menjadi problem solver dengan media alam sekitar.

b. BBK (Belajar Bersama Kehidupan)

Banyak kisah bahwa ketika sudah selesai belajar tentang sesuatu, kita tidak tahu untuk apa, apa gunanya  sesuatu itu dipelajari, sehingga ilmu yang diperoleh hanya sekadar dilewati. Hal ini salah satunya disebabkan karena proses belajar yang dilakukan tidaklah dekat, tak berkaitan dengan kehidupan nyata sehari-hari. Pelajaran yang terpisah dari pengalaman sehari-hari, hanya akan didengar, dan tentu saja akan membuat seseorang mudah lupa.

Sistem pembelajaran yang berupa Project Based Learning dengan tema – tema yang kontekstual yang dilakukan di Sekolah Alam Ar Ridho menantang siswa untuk belajar merencanakan dan melaksanakan aktivitas keseharian serta berlatih memecahkan permasalahan yang ditemui. Melakukan beragam aktivitas dan bertemu dengan banyak orang, belajar bersamanya. Terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas kehidupan di lingkungan kelompok maupun masyarakat. 

  1. SASS (SEKOLAH ALAM STUDENT SCOUT)

Metode yang digunakan sebagai media untuk menstimulasi jiwa leadership siswa dan fasilitator. Mempersiapkan calon-calon khalifah yang tunduk dan taat kepada sang pencipta. Kegiatan yang disesuaikan dengan level peserta dan tujuan apa yang yang ingin dicapai yaitu mempersiapkan pemimpin masa depan yang berkarakter, Tangguh, berakhlaq mulia, cerdas, dan terampil.

  1. BAHASA BUNDA

Sebuah metode menyampaikan sesuatu ke anak dengan kasih sayang, cinta dan bahasa hati. Bahasa bunda di sini adalah ketrampilan. Bagaimana seorang guru dalam berkomunikasi secara tepat pada setiap anak. Dengan mengetahui kondisi tiap anak, sehingga apa yang akan disampaikan guru akan mudah diterima dan menyenangkan untuk anak.

Melihat studi dan penelitian-penelitian dari banyak ahli-ahli mengemukakan, bahwa kelekatan (Bahasa bunda) dapat menyelamatkan kehidupan bayi, mempengaruhi perkembangan emosional, pembentukan (empati, nurani dan perilaku), rasa percaya diri, perkembangan kognitif dan kreativitas, dan pertumbuhan otak anak.