Ekskul atau ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran tetapi masih dilakukan di lingkup sekolah. Umumnya kegiatan ini dilaksanakan setelah jam pelajaran anak-anak usai. Para siswa biasanya memiliki pilihan ekskul tersendiri sesuai dengan minat dan bakat.

Pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pengembangan karakter dalam rangka perluasan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal yang dilakukan di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kurikuler di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler tak hanya berupa kegiatan yang menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk siswa. Oleh karena itu, ekstrakurikuler harus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat. Pun dapat dijadikan sebagai wahana untuk melatih kemampuan sosial pesertanya. 

Kegiatan ekstrakurikuler di SD Alam Ar Ridho dilaksanakn setiap hari jumat dengan waktu yang bervariasi.

  • Untuk kelas kecil kegiatan eksktrakurikuler dilaksanakan pukul 10.15 – 11.45
  • Untuk kelas besar kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan pukul 13.00 – 14.30
  • Namun ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler juga dilaksanakan di sore hari, pukul 15.30 – 17.00

Ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SD Alam Ar Ridho antara lain :

1. Futsal

Selain baik untuk kebugaran fisik, olahraga yang satu ini juga baik untuk melatih perkembangan motorik siswa. Selain itu siswa juga belajar kerja sama tim dan mengelola ego dalam sebuah kelompok. Olahraga futsal menjadi salah satu ekstrakulikuler favorit, terutama di kalangan siswa putra.

2. Pencak Silat

Selain olahraga yang sifatnya permainan, anak-anak juga perlu dibekali keterampilan bela diri. Anak-anak bisa belajar tentang kedisiplinan, keberanian, serta komitmen saat berlatih bela diri.

Di SD Alam Ar Ridho Cabang bela diri yang dijadikan sebagai pilihan ekskul adalah pencak silat. Tentu saja pihak sekolah sudah menyediakan pelatih yang profesional serta perlengkapan latihan yang aman, seperti matras, body protector dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

 

3. Seni Tari

Siswa yang memiliki bakat menari akan difasilitasi dengan kegiatan ekskul seni tari. Materi yang diajarkan tidak hanya tari modern, tetapi juga tarian daerah Nusantara. Kegiatan ini biasanya diawali dengan materi pengetahuan umum terkait tari, kemudian dilanjutkan dengan gerakan yang akhirnya akan disempurnakan dengan musik pengiring. Nah ekstrakurikuler seni tari biasanya diminati oleh siswa putri.

4. Menyanyi

Ekstrakurikuler ini mengutamakan latihan vocal. Vokal adalah seni suara yang mempelajari teknik bernyanyi yang baik dan benar. Siswa diharapkan dapat menguasai teknik vocal yang baik dan benar juga kepercayaan diri agar dapat bernyanyi dengan baik dan benar pula.

5. Cooking

Ekstrakurikuler ini dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan, mulai dari pengenalan peralatan masak terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan proses memasak. Dengan memiliki pegetahuan dasar mengenai proses memasak, siswa siswa akan memiliki bekal tambahan untuk hidup madiri. Mereka juga dipahamkan bahwa Allah telah meyediakan beragam bahan makanan di alam yag dapat dimanfaatkan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.

6. Renang

Berenang merupakan olahraga atau permainan yang menyenangkan bagi anak, dan juga merupakan olahraga yang memberikan kebugaran yang baik sekali kepada kesehatan badan dan jasmani, diantaranya, untuk meningkatkan stamina, melatih otot-otot tubuh, melatih jantung dan paru-paru,  juga untuk mengurangi ketegangan pada tubuh. Anak-anak diharapkan dapat menguasai teknik berenang dengan baik.

7. English Club

Minat siswa dalam bidang Bahasa Inggris diwadahi dalam kegiatan ekstrakurikuler English Club. Kegiatan ini dikemas dengan cara yang menyenangkan misalnya dengan fun game, bernyanyi dan berinteraksi dengan teman.  Melalui kegiatan ini diharapkan siswa  memiliki keterampilan dasar memadai dalam berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis sehingga memiliki rasa percaya diri untuk berkomunikasi, memperluas pergaulan dan wawasan budaya.

8. Craft

Kegiatan ekstrakurikuler ini mengutamakan kreativitas siswa. Siswa akan diarahkan untuk membuat karya dengan mengkreasikan bahan-bahan yang ada. Selain itu, terdapat pemanfaatan barang bekas yang sudah tidak terpakai, sehingga mampu mengurangi sampah. Barang-barang hasil kreasi siswa juga bisa dijadikan barang yang layak jual.

9. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat, terbuat dari bambu, yang dibunyikan dengan cara digoyangkan/digetarkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar. Sejak November 2010, UNESCO menetapkan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia. Anak anak diharapkan menjadi individu yang disiplin, bertanggung jawab, saling menghargai dan mempunyai kreatifitas dalam bidang seni dan pengendalian emosi secara bertahap serta mengerti terhadap proses.

10. Menggambar

Ekstrakurikuler menggambar memfasilitasi siswa yang memiliki kegemaran menggambar. Selain itu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Motorik tangan. Kreatifitas, Visualisasi dan Imajinasi.

11. Robotik

Robotik adalah suatu ilmu yang mempelajari teori –teori dasar ilmu robotika.

Dapat membantu anak-anak dalam gerak motorik dan berpikir kritis.selain itu juga mengembangkan daya kreatifitas anak dan kerja sama antar sesama.

Alhamdulillah kegiatan ekstrakurikuler SD Alam Ar Ridho selama ini berjalan dengan baik. Di akhir semester akan ada penutupan ekskul berupa tampilan, pameran karya serta gallery foto dan video. Beberapa ekskul juga seringkali diminta untuk mengisi acara-acara tahunan seperti Indonesian Culture dan acara lainnya. Beberapa ekskul juga turut andil dalam mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba antar sekolah seperti O2SN dan lomba lainnya.

Yuk segera daftar dan pilih ekskul favoritmu…